Perikanan Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu cocok dengn kegiatan budidaya ikan atau penangkapan ikan yang dilakukan di lautan dan tambak. Berdasarkan tempat usaha Kepulauan seribu memiliki Pulau yang cocok untuk peternakan ikan. Jenis perikanan dibedakan menjadi:

Perikanan Laut

Merupakan usaha manusia dalam memanfaatkan potensi laut Kepulauan Seribu. Penangkapan ikan secara tradisional dilakukan hampir di seluruh wilayah laut Indonesia. Penduduk menangkap ikan dengan berbagai alat, seperti rawai, bunjang, bubu, jala, pancing, pukat, dan memanfaatkan tenaga angin. Penangkapan ikan secara modern dilakukan oleh pemerintah dan pengusaha swasta. Peralatan yang digunakan lebih lengkap.

Perikanan Darat

Kegiatan perikanan yang diusahakan penduduk di daratanini tidak cocok di Kepulauan seribu,  adapaun caranya seperti di kolam-kolam air tawar, sawah, sungai, waduk, tambak, ataupun danau. Bentuk-bentuknya merupakan perikanan air tawar dan perikanan air payau. Usaha perikanan dapat dilakukan di kolam yang besar (untuk perdagangan) maupun kolam yang kecil (untuk memenuhi kebutuhan sendiri). Pembudidayaan ikan di sawah disebut minapadi.

Leave a comment